TAMBALBAN.COM > Posisi Kerusakan Ban > 8.FinishBalancing/OTC
 
 
 

8.FinishBalancing/OTC

UNDER CONSTRUCTION

Finish Balance adalah koreksi dari balance biasa kenapa ?

Balancing yang sering kita lakukan adalah balancing yang bersifat universal, maksudnya alat balan dengan 1 as panjang bisa melakukan balancing roda untukseluruh jenis pelek dengan cara menjepit lubang pelek lalu dilakukan proses balan hingga nilainya = 0, tetapi pada posisi ini, bila dipindah/digeser ke posisi lain nilai nya berubah.

Setelah proses balance, roda dipindahkan kekendaraan & dipasang dengan cara memasang baut pada kendaraan ada yang 4, 5 & 6 baut. Pada saat memindahkan roda dari mesin balance ke kendaraan ini terjadi pergeseran posisi sehingga ada selisih balance.

Pertanyaannya apakah posisi pemasangan roda pada saat balan sama dengan posisi pemasangan di kendaraan ? Tentunya sulit sekali. Karena adanya beda posisi pemasangan, maka akan terjadi beda nilai.

Dengan mesin balan ini harusnya bagaimana agar hasilnya maksimal ?

Bisa, tetapi harus ditambahkan alat yang namanya adaptor. Mesin balan yang sebelumnya hanya mamakai 1 as dipasang adapdor. Pada adaptor ini ada baut roda yang jumlah & jaraknya/PCD sama seperti yang terpasang di kendaraan.

PAKAI ADAPTOR LEBIH BAGUS KENAPA TIDAK DIPAKAI

* Sebagian besar alat balan yang umum digunakan bersifat universal & kenyataan di lapangan hasilnya seperti yang ada sekarang pelanggan tidak merasakan getaran pada kendaraan, bisa jadi karena tidak digunakan pada kecepatan tinggi & umumnya mulai bergetar diatas 100 km/jam.

* Bila mesin balan memakai adaptor untuk melayani kebutuhan berbagai merek & type kendaraan, banyak sekali adapdor yang harus disediakan contohnya adalah :

1. Kendaraan dengan 4lubang :

Pada kendaraandengan velg4lubang mempunyai jarak dari center ke baut yang berbeda-beda/PCD sehingga meskipun velg sama sama 4 lubang tetapi belum tentu bisa masuk. contoh pelek

Velg 4 lubang mempunyai PCD : 1. 100 2.114.3

Velg 5 lubang mempunyai PCD : 1. 100 3.114.3

Velg 6 lubang mempunyai PCD : 1. ......

*

Contoh pemakaian adaptor :

Kendaraan Toyota avanza dengan pelek standar 4 lubang & PCD 100 mau dibalance dengan adaptor khusus, pada alat balance harus dipasang adaptor yang mempunyai 4 lubang dengan PCD 100. Saat roda akan dibalan.................................................

Apa pengaruhnya ?

Dilapangan mesin balance banyak sekali digunakan, banyak merek & type kendaraan ada yang sensitif & tidak. Kendaraan ini juga digunakan berbeda beda, ada yang kecepatan tinggi & biasa biasa saja. Sering terjadi masalah roda yang sudah dibalan/mulai bergetar di kecepatan disektar 100 ~ 110 km/jam & diatasnya hilang lalu di 140 km/jam muncul kembali & diatasnya hilang. Penyebabnya bisa jadi karena nilai balance berubah saat pindah dari mesin balance ke kekendaraan bisa juga juga ada part yang berputar & berhubungan dengan roda ada yang tidak balance seperti Rem Disk, Laher roda, as roda dan lain-lain. Lalu bagaimana mengatasinya ?

CARA MENGATASINYA DENGAN FINISH BALANCE/OTC( On The Car)

Setelah roda di balance & dipasang dikendaraan kemungkinan masih ada getaran di kecepatan tinggi, bisa karena selisih nilai karena posisi pasang maupun ada pengaruh part yang berhubungan dengan roda.

Berikut adalah contoh ilustrasi :

1. Roda dibalan:

2. Setelah roda dibalan, posisinya dirubah dan dibalan ulang

3. Setelah ban dibalance dipasang di kendaraan lalu difinish balan

Di Setiap outlet SETUJU MOTOR kami sediakan alat FINISH BALANCE & saat proses kerja menggunakan LIFT SERVICE/tanpa menggunakan dongkrak sehingga proses kerja menjadi lebih cepat & aman.

Berikut adalah FINISH BALANCE pada masing-2 outlet

Cilandak Tengah-CitosJagakarsa- JakselKukusan-Beji-Depok

Perbedaan alat & proses kerja Finish Balance dengan Balance Biasa

Alat Finish Balance Alat Balancing Biasa

Alat digeser keroda mobil Roda harus dilepas dari Mobil

Proses -> Alat nempel di ban Proses-> Roda dipasang di alat

Submenu

 
 
 
reparasiban.com
Pilihan Bahasa